Skip to main content
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher (kiri) saat menghadiri Bedah Buku Putih ‘Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia’ di Ruang Abdul Muis, Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis, (17/12/2020). Foto : Runi/FTR

PKS Luncurkan Buku Putih Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia

AMBONEWS.COM, Jakarta - Fraksi PKS DPR RI meluncurkan buku putih dengan judul ‘Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia’. Ketua Tim Covid-19 Fraksi PKS yang juga koordinator dari buku putih, Netty Prasetiyani Aher mengatakan buku ini menawarkan ide dan gagasan kepada pemerintah dalam menangani Covid-19.

"Covid-19 merupakan penyakit baru yang semua negara masih belajar dalam menanganinya. Melalui buku putih ini, PKS memberikan sumbangsih dan kontribusi perjuangan Fraksi PKS di masa pandemik. Buku ini menjadi bukti bahwa PKS merespon setiap permasalahan dan menyampaikan kepada masyarakat hal - hal yang bisa diperjuangkan termasuk isu vaksin (corona),” ucapnya ketika memberi kata sambutan di kegiatan Bedah Buku Putih ‘Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia’ di Ruang Abdul Muis, Gedung DPR RI, Jakarta.

Salah satu output dan tujuan dari ditulisnya buku putih tersebut adalah untuk memberikan informasi dan wawasan kepada masyarakat, sekaligus tradisi membangun literasi.

"Menawarkan solusi bagi tiap masalah yang dihadapi, Ini yang kita persembahkan bagi masyarakat Indonesia, gagasan dan solusi khusus bagi pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, sekaligus diharapkan menjadi warisan yang terdokumentasikan," katanya.

Netty mengatakan, meski PKS merupakan oposisi pemerintah, bukan berarti apa yang disampaikan ‘asal beda’ dengan yang lain. Pihaknya hanya ingin mengadu ide dan gagasan dalam menyelesaikan permasalahan bangsa.

"Kalau kami berbeda, yakinlah kami bukan sedang bermusuhan. Tapi kami sedang mengadu ide dan gagasan mana yang paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan bangsa ini,"katanya.

Bagi Netty, menjadi seorang politisi bukan hanya sekedar jalan untuk mengejar kekuasaan, melainkan seperangkat etika untuk mempercepat layanan prima kepada masyarakat.

 “Mudah-mudahan politik itu yang sedang kita bangun, kolaborasi serta sinergitas dalam menyelesaikan pandemik,” terangnya.

Di tempat yang sama, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyambut baik peluncuran buku tersebut. Ia menilai buku putih penanganan Covid-19 telah memberikan gambaran kolaborasi dan dukungan dalam menangani Covid-19 di Indonesia.

Terawan berharap buku tersebut dapat memberikan masukan berharga yang objektif dan konstruktif kepada pemerintah dalam mengatasi covid-19.

"Kami apresiasi pandangan, pemikiran, penilaian dari Fraksi PKS atas penanganan Covid-19 di Indonesia yang sebagaimana tertuang dalam buku. Kami sangat hargai. Tentu akan kami jadikan bahan evaluasi dan bahan perbaikan dalam penangan Covid-19 ke depannya," imbuhnya.

Menkes mengharapkan kolaborasi antara DPR dan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 terus berlanjut hingga ke depan. "Kami berharap dukungan dan kolaborasi penanganan Covid-19 tidak berhenti, terus berlanjut sehingga keberhasilan kita bersama dalam atasi pandemi ini dapat terwujud dengan bersatunya komponen bangsa dan memutus rantai Covid-19 dan pandemi bisa diakhiri," jelas terawan. 

Turut hadir dalam kegiatan bedah buku ini, Menteri Kesehatan RI Agus Terawan Putranto, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini beserta anggota DPR lainnya. (rnm/er)

Disukai