Skip to main content
Gub

Kaum Ayah Harus Aktif Ambil Bagian dalam Mendidik Anak

Bengkulu (AMBONEWS) - Anak adalah aset masa depan bagi bangsa dan negara. Dunia anak harus dibangun untuk masa depan anak yang sesungguhnya. Maka dari itu, sangat penting kaum ayah aktif mengambil bagian dalam mendidik anak di dalam keluarga.

Hal ini disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat menjadi Keynote Speaker Webinar Hari Anak Nasional dengan tema 'Anak Berbudi Mulia, Indonesia Bermartabat', Minggu (25/7/2021) yang digagas PW Persaudaraan Muslimah (Salimah Bengkulu).

Gubernur Rohidin berpesan kepada orang tua agar dapat memposisikan diri sebagai pembimbing bagi anak - anak.

”Pesan saya kepada kepala keluarga, bapak - ibu harus betul - betul menjadi pendidik, menjadi contoh, menjadi penyemangat, ketika orang tua memposisikan dia sebagai pendidik sekaligus menanamkan tanggung jawab kepada anak - anaknya, saya kira semua persoalan bisa kita selesaikan dengan baik, karena semuanya berawal dari keluarga,” ingat Gubernur Rohidin.

Tambah Rohidin, bahwa ayah juga harus memiliki peran penting di dalam membimbing anak, yang selama ini selalu mengedepankan dominasi ibu. 

Peran ibu pasti yang utama, banyak sekali peran ibu yang tidak dapat tergantikan oleh peran ayah. Namun di era sekarang, peran ayah harus masuk lebih luas, lebih dalam, karena tantangan ke depan persoalan - persoalan di luar itu sangat kompleks.

"Penuh tanggung jawab, ketegasan, keberanian, rasional, sifat - sifat seperti itu yang harus ditanamkan ayah," jelas Gubernur Rohidin.

"Kemampuan mengendalikan emosi, keteguhan di dalam membuat prinsip - prinsip, memegang komitmen, harus ditanamkan agar saat anak - anak kita besar dan terjun ke masyarakat, ia mempunyai bekal yang cukup dengan tidak terpengaruh oleh situasi apapun, bahkan bisa mewarnai dengan hal - hal yang positif," pungkasnya.

Secara khusus Gubernur Rohidin menyampaikan Selamat Hari Anak Nasional kepada anak - anak Bengkulu, anak - anak Indonesia dan seluruh anak yang ada di dunia.

Pada Webinar Hari Anak Nasional 'Anak Berbudi Mulia, Indonesia Bermartabat' ini Gubernur Rohidin memberikan apresiasi berupa uang pembinaan kepada ibu Wiyati yang lagu anak ciptaannya meraih juara 3 nasional.

mgids