Skip to main content
kelas menulis

KMB Dorong Penulis Baru Baru untuk Jadi Cerpenis

Bengkulu (AMBONEWS) - Komunitas Menulis Bengkulu (KMB) memulai rangkaian kegiatannya dengan kelas menulis cara menulis cerpen bagi pemula, di Sekretariat KMB Kelurahan Berkas Kota Bengkulu, Sabtu (16/7/2022) sore.

Ketua KMB Ihsan Joy mengatakan pentingnya menulis bagi generasi milenial adalah mengembangkan aspek potensi diri. Dunia kepenulisan berperan besar dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan hiburan termasuk salah satunya adalah menulis cerpen.

"Semua bisa menulis tapi tidak semua bisa membuat karya. Apalagi sesuai dengan aspek kepenulisannya," katanya, Sabtu (16/7/2022).

Era ini, kata Ihsan, menulis menjadi salah satu jalan untuk mengekspresikan diri sekaligus mencari eskistensi. Ditambah masuknya ruang digital membuat generasi milenial mulai berbondong-bondong menjadi penulis bloger maupun wattpad.

"Menulis harus sesuai aspek atau kaidah kepenulisannya agar bisa dipahami oleh pembaca. Jika menulis asal, bukannya malah menghibur tapi justru membuat pembaca bingung," katanya.

Ihsan menerangkan dalam dasar kepenulisan, cara membuat cerpen adalah mengikuti struktur cerpen yaitu abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda.

"Pada abstrak, penulis harus menerangkan ringkasan cerita dalam cerpennya. Strategi paling bagus adalah ketika dalam abstrak disampaikan ringkasan semenarik mungkin sehingga menjadi patokan untuk pembaca melanjutkan atau tidak," kata dia.

Setelah itu orientasi yang menjadi dasar menampilkan keterangan waktu, tempat, dan suasana yang digunakan pada alur cerita cerpen.

"Lalu komplikasi. Pada struktur ini akan menampilkan watak tokoh dan alur cerita. Kita perlu memunculkan setiap tokoh yang digunakan beserta wataknya. Kemudian, tampilkan pula bagaimana alur cerita pada cerpen berdasarkan prinsip sebab-akibat," terangnya.

Struktur selanjutnya adalah evaluasidi mana dapat membuat pembaca mengerti konflik apa yang terjadi pada cerita. Pada bagian ini konflik yang ditampilkan haruslah mencakup semua konflik hingga klimaks disertai dengan penyelesaian masalah.

Kemudian struktur resolusi yang memuat penyelesaian dari setiap masalah yang akan ditampilkan. Pada bagian ini penyelesaian masalah yang ditampilkan harus mampu menjawab permasalahan secara tuntas.

"Terakhir adalah koda atau pesan moral yang dimuat dalam cerita sehingga pembaca dapat mengambil pelajaran dari isi cerpen tersebut," kat Ihsan. 

Setelah memahami strukturnya, Ihsan menjabarkan tips menulis cerpen bagi pemula yakni dimulai dengan mencari ide, menulis dengan gaya sendiri, menentukan tema, membuat alur dan plot, menentukan penokohan, tentukan latar atau setting, dan menetapkan sudut pandang.

Selanjutnya, dalam kelas menulis ini KMB terus mendorong para penulis pemula yang terdiri dari pelajar, pengajar dan masyarakat umum untuk dapat menerbitkan karya mandirinya. 

"Jika sudah benar-benar mumpuni dan layak diterbitkan, nanti akan ada seleksi dari Gramedia atau media mainstream untuk dipasarkan dan dipublikasikan. Untuk itu, semangat menulis harus dimulai dari sekarang agar dikenal kemudian hari," pungkasnya.