Skip to main content
Peti kemas

Menhub Minta Operator Beri Kesempatan UMKM Manfaatkan Kapal Tol Laut

Jakarta (AMBONEWS) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta para operator baik Pelindo I sampai dengan Pelindo IV, Pelni, dan operator lainnya memberikan kesempatan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bisa memanfaatkan pengiriman barangnya melalui kapal tol laut.

"Saya sudah minta Dirjen Perhubungan Laut untuk mengkoordinasikan ini bersama para operator. Kita ingin fasilitasi para pelaku UMKM dengan baik agar mereka juga bisa mendapatkan manfaat dari subsidi yang diberikan pemerintah melalui program tol laut," kata Menhub Budi melalui keterangan tertulis, Minggu (25/4/2021).

Menhub mengatakan, dengan memfasilitasi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan pengiriman barangnya dengan kapal tol laut, akan semakin meningkatkan eksistensi dan daya saing produk/barang UMKM.

"Lebih dari 50 persen pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM. Kalau kita bisa fasilitasi dengan baik, daya saing mereka akan bertambah karena subsidi (tol laut) diterima langsung oleh saudara kita para pelaku UMKM," ucapnya.

Untuk itu, Menhub meminta para operator untuk memikirkan skema bagi UMKM agar bisa memanfaatkan pengiriman barangnya melalui kapal tol laut.

"Misalnya dengan membuat sistem paket, seperti opsi paket 100 kg, atau paket 500 kg. Sebab, para pelaku UMKM tidak mungkin memborong satu kontainer, sehingga di dalam satu kontainer 20 ton itu, bisa dikumpulkan beberapa barang dari para pelaku UMKM," ujarnya.

Menhub tidak ingin kapal tol laut dimonopoli suatu perusahaan tertentu, sehingga para pelaku UMKM yang sesungguhnya membutuhkan subsidi dari program tol laut tidak mendapatkan subsidi tersebut.

Disukai