Skip to main content
Uinfas

Tingkatkan Kemampuan Kepemimpinan Mahasiswa, Dema FUAD UINFAS Adakan PKMTD

Bengkulu (AMBONEWS) - Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu menyelenggara Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (PKMTD) di gedung D.8 FUAD. Kegiatan yang digelar selama 3 hari dimulai Hari Jumat (5/11/2021) itu menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang. 

Narasumber tersebut yakni Drs H Kurnadi Sahab, M.Si yang merupakan birokrat dan dosen, kemudian KH Hasbullah Ahmad yang merupakan ulama, Panut Setiono M.Pd dari akademisi, Subhan Amin M.H.I dari akademisi, Narzirwan S.Sos dari Komisioner KPU Seluma, Brotoseno dari KPU Bengkulu Tengah, Wibowo Susilo dari praktisi media yang juga ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bengkulu serta dari perwakilan Danrem 041 Gamas Bengkulu.

Ketua Dema FUAD, Sugiasta Eka Putra mengatakan, kegiatan PKMTD merupakan program rutin Dema, yang memang khusus untuk melatih kepemimpinan mahasiswa. Dia berharap, dengan mengikuti PKMTD, mahasiswa mampu menjadikan dirinya memiliki tanggung jawab sosial dan moral, baik terhadap dirinya, kampus, agama dan bangsa.

Berbagai materi disampaikan selama 3 hari oleh narasumber, diantaranya materi tentang teori-teori kepemimpinan, kepemimpinan berwawasan kebangsaan, analisis diri dan sosial, manajemen opini dan analisis media, building team dan team work, kepemimpinan dalam Islam, teknik diskusi dan persidangan, manajemen konflik dan problem solving.

Wakil Dekan III Dr. Japarudin S.Sos.I M.Si berujar, pelatihan kepemimpinan bagi mahasiswa sangatlah penting sebagai pendamping kemampuan akademik. Mahasiswa selain menguasai kemampuan akademik, juga dituntut menguasai kepemimpinan. Sehingga nantinya apabila telah lulus dan mengabdi di masyarakat, bukan hanya kemampuan akademik saja yang mampu diamalkan, melainkan dapat juga berperan serta dalam mengelola masyarakat melalui penguasaan kepemimpinan.

mgids