Skip to main content
Gianto

Dana Covid-19 Harus Dirasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat

Mukomuko (AMBONEWS) - Pada tahun ini 8 persen Dana Desa (DD) digunakan untuk penanganan Covid-19. Dengan adanya anggaran yang diperuntukan untuk penanganan atau pencegahan Covid-19 diharapkan dana tersebut digunakan sesuai kebutuhan masyarakat. 

“Tahun ini 8 persen Dana Desa digunakan untuk penanganan Covid-19. Jadi dana tersebut digunakan sesuai yang dibutuhkan masyarakat sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Mukomuko, Gianto, Senin (3/5/21).

Dikatakan Gianto anggaran 8 persen dari Dana Desa untuk penanganan Covid-19 ini disetiap desa berbeda tergantung jumlah Dana Desa yang diterima oleh setiap desa. Oleh sebab itu pemerintah desa harus benar-benar memanfaatkan dan membelanjakan dana tersebut sesuai yang dibutuhkan masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Kalau 8 persen dari Dana Desa perkiraan Rp 60-80 juta. Ya melihat jumlah DD yang diterima setiap desa. Dana tersebut bisa digunakan seperti pembelian Alat Pelindung Diri (APD).Hand Sanitizer, Masker ataupun tempat cuci tangan yang ditempatkan fasilitas umum,” bebernya.

Lanjutnya, selain itu juga apabila di salah satu desa ada warga yang terpapar Covid-19. Pemerintah desa bisa membelanjakan dana tersebut untuk membantu warga yang terpapar tersebut dengan diberikan sembako, vitamin dan lainnya.

Gianto juga menghimbau kepada pemerintah desa agar mengantisipasi  berkaitan sebelum lebaran dan sesudah lebaran agar memperketat keluar masuk orang yang yang baru pulang dari luar daerah. Bila diperlukan desa malakukan pencatatan hal ini sebagai antisipasi.

“Desa harus mengantisipasi sebelum dan sesudah lebaran jadi kalau ada warga yang baru pulang dari perantauan atau dari luar daerah yang tidak pernah terlihat di desa tersebut dilakukan pencatatan dan bila perlu lakukan isolasi mandiri,” himbaunya