Skip to main content
Kacab

Dua Pekan, Penukaran Uang Pecahan Capai Rp9 Miliar

Mukomuko (AMBONEWS) - Bank Bengkulu Cabang Kabupaten Mukomuko sebelum puasa sudah mulai membuka atau melayani penukaran uang pecahan untuk kebutuhan masyarakat pada bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri nanti.

Untuk jumlah uang pecahan yang sediakan mencapai kurang lebih Rp9 miliar namun karena antusias masyarakat Kabupaten Mukomuko dalam melakukan penukaran uang pecahan sangat tinggi sehingga uang yang disediakan habis dan saat ini Bank Bengkulu Cabang Mukomuko masih menunggu pengiriman uang pecahan dari Bengkulu.  

Kepala Bank Bengkulu Cabang Mukomuko, Herzon membenarkan hal tersebut. Bahwa Bank Bengkulu Cabang Mukomuko melayani penukaran uang pecahan untuk kebutuhan masyarakat pada ramadhan dan hari raya idul fitri 1442 hijriah. Uang pecahan yang disediakan mulai dari Rp20.000 sampai Rp 1.000. Dari jumlah uang pecahan yang sediakan yakni Rp 9 miliar telah habis. Dan pihaknya kembali meminta uang pecahan sekitar Rp 10 miliar untuk kebutuhan masyarakat.

“Kami sudah siapkan uang pecahan untuk kebutuhan masyarakat khususnya Kabupaten Mukomuko kemarin Rp 9 miliar dan saat ini habis karena antusias masyarakat cukup tinggi. Dan kita sudah usulkan kembali permintaan uang pecahan Rp 10 miliar ke Bengkulu,” ungkapnya, Kamis (29/4/21).

Menurutnya, permintaan kembali uang pecahan ini akan terealisasi pada pekan depan atau hari senin, sehingga pada hari selasa mendatang sudah bisa melayani penukaran uang pecahan. Dari jumlah uang pecahan yang diminta  ini tidak dipusatkan di kantor cabang saja. Tetapi tersebar di Cabang Pembantu Bank Bengkulu di 4 Kecamatan yang ada di Kabupaten Mukomuko.

“Satu hari setelah uang sampai masyarakat sudah bisa menukarkan uang pecahan. Selain di Kantor cabang masyarakat bisa menukarkan di kantor Cabang Pembantu Bank Bengkulu yakni di wilayah kecamatan Ipuh, Pondok Suguh, Penarik dan Lubuk Pinang,” bebernya.

Ditanya terkait untuk batas waktu penukaran, menurut Herzon perkiraan tanggal 11 bulan Mei mendatang sudah tutup.

"Namun terkait hal ini tetap kita menunggu petunjuk dari kantor pusat," kata dia.

Selain menukarkan uang pecahan Rp 1.000 sampai 20.000 pihaknya juga melayani penukaran uang pecahan Rp 75 ribu kepada masyarakat.

“Ya kalau batas waktu perkiraan tanggal 11 Mei. Kita juga melayani penukaran uang pecahan Rp 75 ribu. Untuk penukaran uang Rp 75 ribu ini per orang dengan 1 KTP sebanyak 100 lembar dan penukaran uang pecahan Rp 75 ribu ini hanya di kantor cabang. Kalaupun persediaan uang pecahan kita habis kita bisa minta kembali,” jelasnya