Skip to main content
Jalan rusak

Jalan Rusak Milik Pemprov Bengkulu Mencapai 376 Km

Bengkulu (AMBONEWS) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu mencatat jalan rusak milik kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mencapai 24,08 persen atau sepanjang 376,27 kilo meter (Km) dari total panjang 1.562,67 Km yang menghubungkan di 10 Kabupaten/Kota. 

Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Bengkulu Budi Hardiyono, mengatakan BPS mencatat data panjang jalan disajikan menurut kewenangan pembinaan yakni Pemerintah pusat, pemerintah Provinsi dan pemerintah Kabupaten/Kota, serta menurut jenis permukaan serta kondisi jalan.

Pada jalan provinsi, persentase jalan dengan kondisi rusak ringan sebesar 6,82 persen dan rusak berat sebesar 17,26 persen.

"Berdasarkan perhitungan indeks kemahalan kontruksi (IKK) tahun 2021, jalan rusak milik provinsi Bengkulu sebesar 24,08 persen," kata Budi dalam rilis IKK Provinsi Bengkulu tahun 2021, Minggu (6/3/22). 

Demikian juga pada jalan di bawah kewenangan pemerintah kabupaten/kota, ruas terpanjang memiliki kondisi baik yaitu sebesar 37,90 persen dan kondisi sedang mencapai 20,25 persen.  

"Jika dirinci menurut kondisi jalan, panjang jalan negara dan jalan Provinsi secara umum berada pada kondisi baik," katanya.

Jika dilihat menurut jenis permukaannya, lanjut Budi jenis jalan diaspal pada jalan negara, jalan Provinsi, maupun jalan kabupaten/kota, merupakan yang terpanjang jika dibandingkan dengan jenis permukaan lainnya. 

"Namun masih ada sekitar 17,26 persen pada jalan Provinsi dan 16,46 persen jalan Kabupaten/Kota yang jenis permukaannya masih tanah," kata dia.

Sementara menurut panjangnya, jalan Provinsi melintasi Bengkulu Utara merupakan yang terpanjang, yaitu mencapai 377,26 Km atau 27,35 persen dari total panjang jalan Provinsi di Provinsi Bengkulu. 

Terpanjang kedua yaitu Kabupaten Seluma yang mencapai 181,02 Km, diikuti Kabupaten Bengkulu Selatan dengan panjang ruas mencapai 128,30 Km. 

"Sedangkan wilayah dengan ruas jalan Provinsi paling sedikit yaitu Kota Bengkulu yaitu 52,44 Km," sebutnya.

BPS mencatat Jalan Kabupaten/Kota memiliki panjang rata-rata di atas 500 Km, kecuali Kabupaten Bengkulu Tengah memiliki panjang dibawah 500 Km. Jalan Kabupaten/Kota di Kabupaten Bengkulu Selatan sepanjang 1.280,98 Km, terpanjang di antara 9 Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Bengkulu. (Bisri)

Disukai