Skip to main content
eks sawit

Warga Seluma Manfaatkan Bekas Lahan Sawit Jadi Media Bertanam Bawang Merah

Seluma (AMBONEWS) - Warga Desa Sumber Arum Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma memanfaatkan bekas lahan kelapa sawit jadi media budidaya bawang merah.

Didampingi Petugas Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu, warga yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) ini masih semangat mengolah lahan eks sawit miliknya menjelma menjadi hamparan tanaman bawang merah yang ditanam dari benih biji true shallot seed (TSS).

Keberhasilan Poktan Tunas Harapan dalam budidaya bawang merah pada tahun 2020 telah menarik perhatian berbagai pihak, salah satunya Bank Indonesia melalui program CSR pada tahun 2021 memberikan bantuan alat dan mesin pertanian sprinkle, genset, kultivator, alat sungkup, dan traktor dengan nilai total 135 juta rupiah.

Sementara itu, Pemerintah Desa Sumber Arum melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) memberikan fasilitasi biaya untuk sarana produksi dan biaya tenaga kerja. Selain memberikan pendampingan teknologi, BPTP Bengkulu juga memfasilitasi benih bawang merah TSS.

Pada beberapa hari lalu telah dilakukan penyemaian bersama yang sekaligus dimanfaatkan kelompok sebagai wadah sosialisasi kegiatan dengan mengundang berbagai stakeholder yakni BPTP Bengkulu, Pemerintah Desa, Fasilitator Pembangunan Desa Kabupaten Seluma dari Kementerian Desa, PPL,.

Hingga saat ini, seluruh semaian TSS sudah mulai berkecambah. Dengan didampingi BPTP Bengkulu, petani sedang melakukan penyiapan lahan dengan membuat bedengan lebar 120 cm, tinggi 30 cm, jarak bedengan 50 cm.

"Semoga berhasil dan dapat menjadi percontohan budidaya bawang merah di Kabupaten Seluma menuju pertanian yang maju, mandiri, dan modern" kata Kepala BPTP Bengkulu, Abdul Gaffar. (Bisri)

mgids