Skip to main content
Undang sumbaga

HIPMI Bengkulu Siap Jajaki Pasar ASEAN

Bengkulu (AMBONEWS) - Kepengurusan baru Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Bengkulu siap bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota dalam meningkatkan sektor pelaku usaha UMKM yang selama ini masih kesulitan menembus pasar daerah.

Untuk itu HIPMI Bengkulu segera membuat terobosan besar dalam percepatan usaha UMKM di Bengkulu.

Ketua BPD HIPMI Provinsi Bengkulu Undang Sumbaga menjelaskan organisasi kepengusahaan ini akan mencoba memprioritaskan export ikan atau komoditas sayuran ke Negara tujuan yg memiliki pasar yang potensial.

"Untuk mencapai ini memang tak semudah membalikkan telapak tangan makanya kami akan memberikan pembinaan dan pelatihan serta program bantuan pendukung bagi pelaku UMKM yang bergerak disektor perikanan dan sayur-mayur," kata Undang, Minggu (11/4/21).

Selama ini kata Undang mengaku produksi ikan dan sayuran Bengkulu sangat baik akan tetapi kuantitasnya perlu ditingkatkan.

"Jika itu sudah tercapai dan akaes pasar sudah siap tinggal lagi kami menyiapkan persyaratan dan standart produk yang dibutuhkan," jelasnya.

Adapun negara yang akan dijajaki HIPMI Bengkulu untuk diajak kerjasama antara lain Negara-Negara di kawasan ASEAN dan Australia. Kerjasama ini bertujuan untuk membuka akses pasar di Australia untuk produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM.

“Salah satu tantangan pelaku UMKM untuk bisa masuk di pasar internasional adalah kemampuan pelaku UMKM untuk memproduksi suatu produk yang bukan hanya baik dari sisi kualitas, tetapi juga sampai kepada cara pengemasan, konsistensi dari kualitas produk, dan tentunya adalah soal harga,” tandasnya.

Sumber : Humas HIPMI Bengkulu

Disukai