Skip to main content
Wakil Walikota Dedy Wahyudi.

Pemkot Targetkan 2020 Kembali Raih Predikat Kota Layak Anak

AMBONEWS.COM, Kota Bengkulu - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu targetkan kebali mendapatkan predikat Kota Layak Anak (KLA).

Mengingat selama tiga tahun berturut-turut Pemerintah Kota Bengkulu mendapat predikat pratama KLA ini, untuk itu Pemkot terus berupaya mempertahankan dan bahkan harus ditingkatkan predikatnya dengan kekurangan-kekurangan mengenai indikator penilaian akan dibenahi dan diperbaiki.

"Target kita mempertahankan predikat kota layak anak. Kita harus melengkapi yang menjadi kekurangan-kekurangan karena kita lulus dalam penilaian tapi dengan catatan. Sudah 3 tahun kita meraih predikat KLA. Maka untuk mempertahankannya diperlukan sinergitas,” sampai Wawali Dedy, Selasa (10/3).

Upaya itu seperti misalnya Dinas Sosial, harus memastikan karena idealnya tidak ada anak-anak yang meminta-minta di persimpangan, jika keluarganya tidak mampu, maka Pemkot intervensi dengan program-program sosial kemasyarakatan seperti menyekolahkan anak tersebut.

“Bagian hukum pastikan betul perwal pernikahan anak usia dini ini siapkan perwalnya. Di Dukcapil terkait dengan persentase penerbitan KIA,” tegas Wawali yang akrab disapa Kanda Dewa ini.

Kepala DP3AP2KB Kota Bengkulu, Ramadan Indosman memaparkan ada beberapa kekurangan terkait dengan penginputan-penginputan.

Seperti Perwal dan akan ditingkatkan ke Perda, sebagaimana saat ini sudah masuk prolekda dan akan dibahas.

Beliau juga membeberkan masih banyak indikator-indikator yang belum terpenuhi, seperti pada Disdukcapil penerbitan akta anak baru 80 persen. Targetnya di tahun 2020 ini bagaimana agar bisa meningkat setidaknya 90 persen.

Untuk diketahui penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak dilakukan dalam empat tahap. Pertama adalah penilaian mandiri terhadap 24 indikator oleh masing-masing kabupaten/kota secara online. (red)