Skip to main content
HUT ke-79, RRI Bengkulu Mantapkan Transformasi Digital dan Peningkatan Kinerja

HUT ke-79, RRI Bengkulu Mantapkan Transformasi Digital dan Peningkatan Kinerja

Bengkulu (AMBONEWS) - Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Bengkulu mengadakan prosesi penyulutan obor Tri Prasetya sebagai puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-79. Acara yang berlangsung di Auditorium RRI pada Rabu (11/9/24) ini dihadiri oleh seluruh karyawan RRI Bengkulu serta pensiunan.

Kepala Stasiun RRI Bengkulu, Jodi Purgito, menyampaikan bahwa di usia ke-79 ini, RRI telah melakukan banyak perubahan, terutama dengan mengadopsi transformasi multi-platform. RRI kini memanfaatkan berbagai media, termasuk media sosial, media mainstream, serta channel YouTube, untuk memperkuat fungsi radio agar tetap relevan di tengah masyarakat.

Jodi juga menekankan pentingnya bagi RRI untuk terus bertransformasi agar tetap didengar masyarakat. Langkah strategis ini dilakukan dengan membangun multi-platform yang dapat menjangkau berbagai segmen masyarakat dan menyesuaikan siaran daerah dengan selera pendengar di Bengkulu.

Selain itu, transformasi multi-platform ini turut meningkatkan produktivitas penulisan berita online. Jika sebelumnya RRI berada di posisi atas 60 besar pemberitaan online, kini telah masuk dalam 30 besar berita nasional.

RRI juga berhasil mempertahankan kualitas pengelolaan keuangan dengan menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) sebanyak enam kali, menunjukkan bahwa operasional RRI berjalan sesuai dengan regulasi dan prinsip transparansi.

Prestasi kinerja lainnya RRI meraih tingkat kepatuhan 100 persen terhadap Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHK ASN) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). 

Selain itu, RRI kembali menerima predikat Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi Pusat (KIP) atas konsistensinya menjalankan prinsip keterbukaan informasi.

Hari Ulang Tahun RRI yang diperingati setiap 11 September ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti perlombaan, ziarah ke makam pahlawan, hiburan, dan acara syukuran yang penuh makna.

Acara HUT ini tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga momen refleksi bagi seluruh karyawan RRI. Dengan tema "79 Tahun RRI Inspirasi Keindonesiaan," diharapkan RRI terus berkembang sebagai media pemersatu yang menyuarakan keberagaman, membangun optimisme, dan menyatukan masyarakat di seluruh Indonesia.